Pancasila Tetap Sakti..!!

Kembali lagi kita memperingati hari Kesaktian Pancasila di 1 Oktober 2013 ini. Tumben sekali saya membahas tentang hal-hal seperti ini di blog saya. Bukan karena nasionalis atau apa, tapi karena saya sedang marah, marah kepada organisasi masyarakat garis keras yang jelas-jelas menentang Pancasila mulai menunjukan taringnya di kota tempat saya tinggal, Kupang.

Pemasangan spanduk di tempat-tempat umum menentang salah satu ajang pemilihan putri sejagad yang sudah selesai perhelatannya di pulau Dewata, menunjukan mereka semakin mengeksiskan diri di kota saya ini. Ketika terdengar kabar beberapa teman pemuda menemukan lalu menurunkan dan membakar spanduk-spanduk tersebut ada kelegaan dihati saya, tapi kemudian muncul rasa was-was dengan keberadaan ormas ini di kota saya. Akankah Kupang akan tetap terkenal dengan KOTA KASIH? Akankah kerukunan hidup umat beragama akan tetap terjalin dari jaman nenek moyang kita dulu?

Rasa was-was itu kemudian terjawab di hari ini, saya yakin PANCASILA itu tetap SAKTI. Sampai kapanpun itu. Pancasila sakti karena dalam lima butir sila-sila itu sudah terkandung semua karakter, watak, budaya dan komitmen kita sebagai bangsa yang besar. Kita diajarkan untuk percaya kepada keyakinan dari Tuhan dan saling menghargai setiap perbedaan yang ada. Kita diajarkan untuk menghormati hak-hak manusia, diajarkan untuk senantiasa memelihara pesatuan dan kesatuan, menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan adil merata bagi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Jadi, dengan keseluruhan nilai-nilai sakti dari Pancasila itu sudah selayaknya kita bangga dan sekuat tenaga ikut menjaga kelestariannya agar jangan sampai ternoda atau dinodai oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

 Perisai Pancasila menampilkan lima lambang Pancasila
sumber : wikipedia

 
Lima dasar Pancasila akan selalu hidup di hati saya maupun di hati seluruh orang Indonesia yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila itu.

Selamat Hari Kesaktian Pancasila sobat..!

0 komentar:

Posting Komentar

My Instagram