TUKers Bersih-bersih Pantai Tedy's

Sudah lama tidak update blog. Kali ini saya ingin bercerita tentang bersih-bersih pantainya TUKers (Tapaleuk Ukur Kaki). Saya perkenalkan sedikit tentang apa itu TUKers. Tapaleuk Ukur Kaki merupakan kumpulan orang-orang NTT dan yang ada di NTT yang suka menjelajah atau jalan-jalan, istilah kerennya travelling. Ada beberapa fotografer di TUKers tapi kami tidak ada satupun yang mau disebut fotografer, hanya ingin disebut Tukang Jalan atau Tukang Tapaleuk dalam bahasa Kupang. Itu perkenalan singkat tentang TUKers.

Sabtu, tanggal 20 Juli 2013 TUKers bikin kegiatan bersih-bersih Pantai Tedy's. Walaupun yang tinggal di Kota Kupang banyak yang berhalangan hadir, tapi kami tetap bersemangat. Bersyukur bahwa ada beberapa teman yang saya undang melalui twitter bisa hadir juga pada saat itu. Ada @BernardCtiant, @Arcie_L dan @dhyvashiiylva  Putri NTT 2013 yang berkenan hadir juga bersama kami.

Dengan perlengkapan sederhana, kantong lastik, karung plastikd dan sapu lidi kami bersama-sama membersihkan Pantai Tedy's. Sampah-sampah yang ada kebanyakan adalah sampah rumah tangga yang terbawa air sungai dari muara sungai didekat pantai. Ada juga sampah dari pengunjung bar dan restoran disekitar dan juga tentunya para pengunjung Pantai Tedy's sendiri. Sempat kebingungan juga ketika sampah-sampah yang terkumpul cukup banyak dan harus kami buang ke tempat sampah. Sayang sekali di pantai Tedy's tidak kami temui satu tempat sampah pun. Kami berkeliling dan berinisiatif ke Kantor Lurah LLBK (Lai Lai Besi Kopan), beruntung ada motor sampah di depan nya. Pak Lurah yang kebetulan ada di tempat kemudian meminta tolong bawahannya untuk membawa motor sampah tersebut ke dekat pantai sehingga kami bisa membuang sampah-sampah yang kami kumpulkan.

Hari menjelang petang kami selesai membersihkan pantai, walaupun tidak terlalu bersih tapi kami bisa tersenyum lebar melihat pantai Tedy's menjadi lebih bersih dari sebelumnya. Acara bersih-bersih pantai kami akhiri dengan makan jagung bakar bersama di pinggir pantai sambil berbincang-bincang menikmati senja.

Semoga saja masyarakat Kota Kupang semakin sadar pentingnya membuang sampah pada tempatnya, dan pemerintah pun sigap menyediakan tempat-tempat sampah terutama di tempah-tempat umum yang sering dikunjungi terutama tempat-tempat wisata.

Bersih itu indah.. ;)




Sampah di sekitar Pantai Tedy's yang sumbernya mungkin dari pengunjung salah satu bar dan resto terdekat. — at Pantai Tedy's.
Rame2 pili sampah..

Kaka Yoaz semangat sekali.. — at Pantai Tedy's.

Pahlawan bersapu lidi. :)) — at Pantai Tedy's.


Bernad beraksi di motor sampah kelurahan LLBK — at Pantai Tedy's.


The Putri NTT 2013 tidak mw kalah, sigap dengan karung di tangan.. — at Pantai Tedy's.

0 komentar:

Posting Komentar

My Instagram