Infeksi Saluran Kencing

Wah...Hampir 1 minggu menghilang dari dunia perblogan.muup2..Bukannya mw menghilang begitu saja..Tapi karena daku sakit...huhuhuuuu.... Awal mulanya hanya diare... tapi kok bikin badan lemes terus sampe 1 mgg... jadinya di periksa ke doketr... sama dokternya "wah...ada gejala hepatitis nih..." so harus tes darah ma urin...weeehh...deg2an choi... gmn ga takut kalo di diagnosa kena penyakit kayak gitu... takuuuuuttt.... tapiii...thanks GOD!!! HEPATITIS NEGATIF!!!!
bisa bernafas lega deeehh...karena ternyata ga bener diagnosa dokternya...
fiuuuuhhh....tapi dokternhya masih liat2 tuh hasil lab nya..
dan ternyataaa....daku kena Infeksi Saluran Kencing...
daku sendiri sudah memprediksi pasti sebenarnya itu sakitnya
karena gejala2nya yang umum terjadi kalo kena penyakit itu aku alami..
misalnya :

  1. sering banget pipis..padahal pipisnya dikit2...(bikin males kan harus bolak-balik ke belakang..jadinya saya suka nahan pipis..
  2. nyeri di perut bagian bawah kalo pipis..(kadang2 sampe keluar airmata saking perihnya)

nah setelah searching2 di internet...ketemu nih beberapa info tentang infeksi saluran kencing
daku rangkum aja beberapa yaaahh....

Infeksi saluran kemih memang bisa menyerang siapa saja. Namun, kekerapan biasanya terjadi pada wanita dan anak/balita. Perempuan lebih rentan menderita ISK bila dibandingkan dengan laki laki mungkin dikarenakan saluran urethra yang lebih pendek dan ujung anus yang letaknya dekat dengan ujung urethra.


Penyebab-Penyebab ISK

Normalnya, urin adalah steril. Ia biasanya adalah bebas dari bakteri-bakteri, virus-virus, dan jamur namun mengandung cairan-cairan, garam-garam, dan produk-produk pembuangan. Infeksi terjadi ketika organisme-organisme kecil, biasanya bakteri-bakteri dari saluran pencernaan, melekat pada bukaan dari urethra dan mulai membiak (berlipatganda). Urethra adalah tabung yang mengangkut urin dari kantong kemih keluar tubuh. Kebanyakan infeksi-infeksi timbul dari satu tipe bakteri, Escherichia coli (E. coli), yang normalnya hidup dalam usus besar (colon).

Pada banyak kasus-kasus, bakteri-bakteri pertama berjalan ke urethra. Ketika bakteri-bakteri berlipatganda, infeksi dapat terjadi. Infeksi yang terbatas pada urethra disebut urethritis. Jika bakteri-bakteri bergerak ke kantong kemih dan berlipatganda (berbiak), infeksi kantong kemih, disebut cystitis, terjadi. Jika infeksi tidak segera dirawat, bakteri-bakteri mungkin kemudian berjalan lebih jauh keatas ke ureter-ureter untuk berbiak dan menginfeksi ginjal-ginjal. Infeksi ginjal disebut pyelonephritis.

Sistim urin tersusun dalam cara yang membantu menghindari infeksi. Ureter-ureter dan kantong kemih normalnya mencegah urin berbalik naik menuju ginjal-ginjal, dan aliran urin dari kantong kemih membantu mencuci bakteri-bakteri keluar dari tubuh. Pada pria-pria, kelenjar prostat menghasilkan sekresi-sekresi yang memperlambat pertumbuhan bakteri. Pada kedua jenis kelamin, pertahanan-pertahanan imun juga mencegah infeksi. Namun meskipun dengan penjagaan-penjagaan ini, infeksi masih terjadi.

GEJALA DAN PERAWATAN

Gejala-gejala klasik infeksi saluran kencing, meliputi rasa sakit pada saat kencing, rasa sakit pada persetubuhan, meningkatnya frekuensi dan keinginan yang mendesak untuk kencing, merasa ingin kencing pada malam hari, rasa gatal dan kadang-kadang rasa mual. Kadang-kadang mungkin juga terdapat sedikit darah di air kencing atau merasa sangat ingin kencing namun tidak terasa lega setelah kencing. Jika infeksi tersebut telah menyebar ke dalam ginjal, demikian kata dokter, gejala-gejalanya mungkin termasuk rasa sakit pada punggung bawaah atau di genital-genital.

Untungnya, infeksi saluran kencing biasanya tidak terlalu sukar diobati. Infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh bakteri biasanya diobati dengan obat-obat antimikroba seperti Bactrim atau Septra (kadang-kadang dalam dosis tunggal yang banyak). Uretritis biasanya diobati dengan antibiotik-antibiotik selama satu hingga dua minggu.

Suatu hal yang perlu diingat: Sangat banyak jenis lain dari infeksi-infeksi genital yang menghasilkan gejala-gejala yang sangat mirip dengan infeksi saluran kencing, terutama pada wanita muda yang aktif secara seksua, dengan pasangan-pasangan seks yang banyak atau baru. Menurut suatu penelitian, apa yang menurut Anda infeksi saluran kencing mungkin terbukti sebagai infeksi jamur vagina yang disebabkan oleh Candida albicans. Atau itu mungkin organisme yang ditularkan lewat hubungan seksual seperti organisme-organisme penyebab klamidia, trikomaniasis, herpes atau bahakan gonorea. Itulah sebabnya mengapa sangat penting untuk meminta dokter Anda untuk mengambil contoh perkembang-biakan kuman guna memastikan biang-keladi yang sebenarnya.


Bagaimana infeksi saluran kemih disembuhkan?

Jika dokter Anda mengatakan Anda menderita infeksi saluran kemih, ia akan menguji contoh urin Anda untuk melihat apakah ada bacteri di dalamnya. Kemudian dokter membuat resep antibiotik jika Anda memang terinfeksi. Biasanya gejala infeksi akan hilang 1 sampai 2 hari setelah Anda memulai mengonsumsi obat.


Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ISK antara lain :
  • Minumlah banyak cairan setiap hari.
  • Segeralah kencing bila ingin kencing, jangan hobi menahan kencing.
  • Untuk perempuan saat cebok, basuhlah dari depan ke belakang bukan sebaliknya.
  • Pilihlah shower saat mandi dibandingkan dengan bath tub.
  • Bersihkan kelamin saat akan berhubungan intim.
  • Hindari penggunaan cairan yang tidak jelas manfaatnya pada alat kelamin. Cairan ini dapat mengiritasi urethra.
  • Pakailah celana dalam dari bahan koton untuk menjaga area tersebut kering.

Sumber :
http://www.blogdokter.net/2008/09/27/infeksi-saluran-kencing/
http://www.litbang.depkes.go.id/aktual/kliping/infeksi080608.htm
http://www.totalkesehatananda.com/uti1.html
http://panduankesehatan.blogspot.com/2008/09/infeksi-saluran-kencing-pada-wanita.html



nah semoga bermanfaat...sekarang saya lagi dalam tahap pemulihan dari penyakit ini..
lumayan dikasih antibiotik yang bikin saya ga sakit lagi kalo mo pipis...
pokonya sekarang harus sering2 minum aer putih n ga boleh nahan2 pipis lagi...
MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI...

3 komentar

  1. Pertama berkunjung .... fotomu cantik sekali nona.
    Posting mengenai kesehatan sangat bermanfaat dan berguna. Salam kenal juga ya cantik.
    Salam

    BalasHapus
  2. thanks banget nda buat posting yangs angat informatif ini...btw aku dulu pernah mengalami juga, rasanya sakittt n gak pengen terulang lagi, jadi bener banget tuh jangan suka nahan2 BAK...
    btw ada game buat Inda...
    ini linknya:
    http://inspirationz-fang.blogspot.com/2009/09/simple-game.html

    BalasHapus

My Instagram